Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh ChristopherLatham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboardkomputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembacakartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.Dalam penggunaan normal, keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka ke dalam pengolah kata, teks editor atau program lainnya. Sedangkan pada komputer modern, penafsiran dari tombol yang ditekan pada umumnya diperintahkan kepada perangkat lunak. Keyboard juga digunakan untuk game komputer, baik dengan keyboard biasa atau dengan menggunakan keyboard dengan fitur gaming khusus.

Susunan keyboard yang dipakai umum sekarang ini (QWERTY) sebenarnya adalah salah satu susunan yang paling tidak efisien yang ditujukan agar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat. Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat. Fungsi keyboard memang penting sekali. Jika sebuah komputer tidak memiliki keyboard maka tentu sebagian aplikasi atau softwere komputer tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dapat digunakan. Tombol-tombol yang ada pada keyboard tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijelaskan tentang fungsi keyboard berdasarkan fungsi tombolnya yaitu : 

  1. Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketik yaitu dapat dipakai untuk kebutuhan mengetik atau meng-input data ke dalam suatu dokumen yang kemudian ditampilkan pada monitor komputer. Tombol ketik tersebut berupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun pada keyboard.
  2. Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrol yaitu salah satunya dapat menghasilkan suatu perintah tertentu jika digabungkan dengan tombol yang lainnya. Seperti misalkan jika tombol kontrol (Ctrl) ditekan bersama-sama dengan tombol B maka ini merupakan perintah untuk menebalkan suatu huruf atau angka.
  3. Fungsi keyboardberdasarkan tombol fungsi yaitu biasanya menyesuaikan dengan aplikasi atau softwere yang sedang dijalankan seperti misalkan tombol F1 jika di tekan maka akan memunculkan menu bantuan (Help) sesuai dengan softwere yang dijalankan. Tombol fungsi ini terdiridari F1 sampai F12 yang tersusun secara berderet.
  4. Fungsi keyboard berdasarkan Tombol alternate yaitu seperti tombol Enter berfungsi untuk memulai kembali suatu paragraf baru saat mengetik atau untuk memilih suatu perintah tertentu yang muncul pada aplikasi yang dijalankan pada komputer. Tombol Esc berguna untuk meng-cancel suatu dialog tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk pemindahan suatu teks.
  5. Fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasi seperti tombol Page Down yang berfungsi untuk men-scrool layar ke bawah. Tombol Page Up untuk men-scrool layar ke atas. Tombol End berguna untuk pemindahan letak kursor ke bagian akhir baris. Tombol Left berfungsi untuk pemindahan ke kiri dengan melangkahi 1 karakter. Tombol Tombol Right berguna untuk pemindahan kursor kekanan dengan melangkahi 1 karakter. Dan lain sebagainya.

 

Kunjungi juga link berikut yang menjual keyboard komputer : 

  1. Jual Keyboard Gaming Terdekat
  2. Jual Keyboard Bluetooth Logitech
  3. Jual Keyboard Mini Wireless Logitech
  4. Jual Tombol PCB Keyboard Mechanical