Komputer telah digunakan untuk aplikasi bisnis sejak sekitar pertengahan tahun 1950-an, sejak saat itu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) mendapatkan kemajuan yang fantastis. Pesatnya perkembangan dibidang teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication of Technology/ ICT), telah meminimalisasi pemakaian pena dan kertas. ICT lebih menjadikan istilah virtual semakin akrab dengan kegiatan perkantoran modern. Kegiatan tulis menulis atau catat mencatat dan membuat laporan, sekarang ini telah berbasiskan ICT. ICT telah mengambil alih fungsi-fungsi dari alat tulis kantor yang lama. Data dan informasi sekarang ini telah disimpan dan ditempatkan pada ICT, tidak lagi diatas kertas atau ditumpukan kertas, dilaci-laci meja dan dilemari-lemari kantor. Media tulis menulis dan penyimpanan data semakin beragam, format data, cara-cara penyimpanan data serta pengelolaan data telah mengalami banyak perubahan. Komputer diawali sebagai mesin yang ukurannya sama besar dengan sebuah ruangan yang melakukan tugas-tugas sederhana seperti aritmatika dengan sangat cepat. Sebagian besar sirkuitnya terdiri atas tabung hampa udara seukuran bola lampu kecil. Transistor dan chip diatas wafer silikon menggantikan komponen elektronik tabung hampa dengan konsekuensi penurunan biaya manufaktur yang mengakibatkan pada meningkatnya permintaan akan komputer. Kecepatan pengolahan komputer terus mengalami peningkatan seiring dengan menyusutnya ukuran fisik dari komponenkomponen tersebut. Kecepatan elektron yang bergerak melalui sirkuit adalah konstan, menyusutnya ukuran sirkuit komputer menjadi setengah ukuran semula bahkan berpuluh-puluh juta lebih kecil akan melipatgandakan kecepatan pengolahan data dan menurunkan biaya pembuatannya (miniaturisasi).

Komputer yang kita kenal sekarang seperti komputer pribadi (Personal Computer/PC) berawal dari mesin yang disebut Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC), yang dikembangkan pada tahun 1946 oleh Jhon W. Mauchly dan J. Presper Eckert, dua orang insinyur di University of Pennsylvania. ENIAC adalah pendahulu dari UNIVAC I Remington Rand, yang merupakan komputer otomatis universal yang pertama kali dipasarkan secara luas, yang dipasang di Biro Sensus AS (U.S. Census Bureau) pada tahun 1951 dan kemudian di General Electric (GE) pada tahun 1954. International Business Machines (IBM) dengan cepat merespon perkembangan komputer dengan mengeluarkan lini produk yang lengkap dengan menciptakan System/360 pada tahun 1960-an yang dikenal dengan istilah multiuser yang mendukung banyak pengguna pada waktu bersamaan.

Masa depan “komputer” dan “teknologi informasi komunikasi” menunjukkan adanya kelangsungan tren kearah penyusutan ukuran fisik suatu komponen dan atau sirkuit elektronika dan juga peningkatan mobilitas. Perusahaanperusahaan pembuat komputer, secara hardware dan software sedang membuat dan mempertimbangkan, merancang atau mengembangkan alat-alat seperti keyboard yang berbentuk proyeksi cahaya (virtual) pada suatu permukaan datar dan sebuah pena digital yang mampu mengingat tiap-tiap kata dan kalimat yang pernah dituliskan. Bergerak (mobile), nirkabel, kecil, dan tidak mahal adalah kata-kata yang menggambarkan teknologi komputer dan atau teknologi informasi komunikasi, saat ini dan masa akan datang, dimana saja dan kapan saja kita dapat menikmati suguhan data dan informasi secara multimedia.

 

Lihat juga tautan berikut : 

  1. tas keyboard komputer
  2. jwick t1 smokey
  3. akko starry night 5075s
  4. akko 3068b plus v2
  5. akko 5075s shine-through