Cara pandang dan definisi dari kata “komputer” juga mengalami perkembangan, sesuai dengan lingkungan, budaya, disiplin suatu ilmu dan latar belakang keilmuan seseorang, seperti ilmu komputer. Dari sisi bahasa menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi “orang yang menghitung” dan lalu menjelang 1897 juga untuk “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita AS dan Inggris yang pekerjaannya memperhitungkan jalan artileri perang besar dengan mesin seperti itu.

Orang Perancis atau bahasa Perancis menggunakan kata “ordinateur”, yang berarti kira- kira “organisator”, atau “memisahkan mesin”. Bahasa Spanyol menggunakan kata “ordenador”, dengan arti sama, walaupun dibeberapa negara mereka menggunakan “anglicism computa dora”.

Dalam Bahasa Italia, komputer ialah “calcolatore”, dari “kalkulator”. Bahasa Swedia, komputer dipanggil “dator” dari “data”. Dalam bahasa Tionghoa, komputer dipanggil “dien nau” atau suatu “otak listrik”. Oxford English Dictionary (OED 2), edisi ke2, mendefinisikan komputer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numerik atau logika.

V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization” , komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Robert H. Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi. William M. Fuori dalam bukunya “Introduction To The Computer, The Tool Of Business”, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan dalam memori.

Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian digunakan untuk dapat melaksanakan pekerjaan secara otomatis, berdasarkan instruksi (program) yang diberikan kepadanya. Istilah Hardware komputer atau perangkat keras komputer, merupakan benda yang secara fisik dapat dipegang, dipindahkan dan dilihat. Software komputer atau perangkat lunak komputer merupakan kumpulan instruksi (program/prosedur) untuk dapat melaksanakan pekerjaan secara otomatis dengan cara mengolah atau memproses kumpulan instruksi (data) yang diberikan.

Filosofisnya bahwa komputer merupakan benda mati (alat) yang dapat digunakan manusia untuk membantu manusia juga dalam hal meringankan atau menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Karena manusia adalah makhluk hidup sedangkan hardware dan software adalah benda mati, maka tujuan membuat atau menciptakan (create) hardware dan software tersebut adalah untuk kepentingan manusia, dalam hal ini istilah manusia adalah sebagai Brainware komputer.

 

Lihat juga tautan berikut : 

  1. ajazz ac067 cheese
  2. tombol akko jelly pink
  3. akko mod 007 v2
  4. jual akko 5075 starry night
  5. feker alice 80 keyboard
  6. vn96 keyboard