Konsep dari redesain media pembelajaran sistem penerangan mobil ini dapat terlaksana dengan baik apabila diawali dengan rencana perancangan yang matang. Pada dasarnya media pembelajaran sistem penerangan mobil ini terdiri dari kerangka media yang digunakan sebagai tempat dari pemasangan papan panel, kemudian papan panel digunakan sebagai tempat peletakan komponen-komponen dari sistem penerangan mobil sesuai dengan desain yang sudah dibuat.

Rencana Rancangan Proses Pembuatan Ulang Media Pembelajaran

  1. Rencana Membentuk Rangka Media Pembelajaran
    Sebelum dilakukan pembuatan media pembelajaran sistem penerangan mobil ini, dibuat terlebih dahulu gambar desain dari kerangka media pembelajaran tersebut. Penggambaran desain ini juga dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan dengan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran agar didapatkan sudut pengamatan yang baik serta keamanan dari media pembelajaran saat digunakan untuk praktik.
  2. Rencana rancangan pembuatan papan panel
    Sebagai tempat untuk meletakan komponen-komponen sistem penerangan mobil digunakan papan panel yang berbahan acrylic. Untuk acrylic yang digunakan berjenis acrylic bening atau transparan. Pemilihan acrylic ini karena sifat acrylic yang lebih baik dari pada kaca untuk papan panel media pembelajaran ini. Dalam pembuatan papan panel ini menggunakan jasa printing dan tekuk untuk desain papan panel acrylic media pembelajaran sistem penerangan mobil.
    Proses pembuatan papan panel ini yang pertama yaitu membuat desain sesuai dari papan panel sistem penerangan mobil untuk peletakan komponen dan simbol-simbolnya, selain hal itu dalam mendesain juga untuk menentukan ukuran dari acrylic agar sesuai dengan kerangka media pembelajaran sistem penerangan mobil. Proses mendesain ini dilakukan menggunakan aplikasi corell draw. Setelah desain papan panel selesai dibuat, kemudian melakukan pembuatan ke jasa printing dan tekuk acrylic. Dalam proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama bergantung terhadap tempat jasa tersebut, karena harus menunggu sesuai antrian yang ada.
  3. Rencana rancangan pemasangan komponen media pembelajaran
    Setelah papan panel selesai dibuat kemudian memasang papan panel tersebut ke rangka media pembelajaran yang sudah ada. Setelah papan panel terpasang kemudian memasang komponen-komponen sistem penerangan mobil pada papan panel tersebut sesuai desain yang ada, setelah semua komponen terpasang selanjutnya merangkai komponen-komponen tersebut.
    Proses pemasangan ini memerlukan beberapa alat dan bahan seperti tang potong, gunting, obeng, tang, kunci pas dan ring 10, solder, kabel, dan isolasi kabel. Alat dan bahan tersebut digunakan untuk pemasangan komponen dan penyambungan kabel pada papan panel yang digunakan untuk media pembelajaran sistem penerangan mobil nantinya.

 

Lihat juga : 

  1. penyebab lampu mobil redup dan cara perbaikannya
  2. cara mengatasi lampu mobil redup sebelah
  3. cara menambah terang lampu mobil
  4. penyebab lampu rem mobil mati sebelah